13 Hal Ini Sudah Biasa Bagi Orang Batak, Namun Orang Jawa Bilang "Batak rumit tenan ya"...


Beragam suku bangsa yang ada di negara Indonesia membuat negara ini memiliki bermagai macam keaneka-ragaman.Salah satu suku bangsa di Indonesia yang memiliki keunikan khas adalah suku Batak. Suku yang berasal dari tanah Toba propinsi Sumatera Utara ini memiliki banyak keunikan untuk kita ketahui.

Suku batak sangat kuat jalinan persaudaraan diantara mereka,Bagi orang batak ,semua orang batak diseluruh dunia adalah saudara,bukan cuma saudara biasa,tapi saudara yang masih punya ikatan kekerabatan.Image yang ditampilkan kepada orang batak biasanya berwajah keras dan bersuara lantang.walaupun sekarang ini orang batak sudah banyak yang cantik cantik dan ganteng ganteng,tapi image tersebut sudah melekat pada orang batak.
Kalau kamu punya teman orang Batak,pasti kamu setuju sama pendapat tersebut.Dan kalau kamu adalah orang batak,kamu pasti pernah merasakan hal tersebut.Dalam artikel ini akan kita bahas apa yang dirasakan orang batak dalam menjalani kehidupan.ingin tau bagaimana dan apa saja? silahkan baca artikel dibawah ini hehehe

1.Menyebut Anggota keluarga tidak boleh sembarangan


Saudara laki laki dari ibu
panggilannya " Tulang"
orang tua dari ibu atau ayah
panggilannya " oppung"
Menyebut anggota keluarga dalam orang batak tidak boleh sembarangan.ada tata cara yang disebut ''Partuturan" atau bisa juga disebut ''tarombo''.
Kalau mau paham tentang partuturan dalam adat batak,silahkan berguru atau belajar ''tarombo'' pada orang yang telah belajar,biasanya orang tua atau natua-tua orang batak sangat paham mengerti tentang partuturan.

2.Memanggil atau menyebut saudara dengan panggilan yang salah bisa kena teguran.

marga apa kau? via memegenerator.net

Setiap memanggil orang akan ada panggilannya seperti tulang yang berarti paman,opung yang berarti nenek, eda untuk panggilan sesama perempuan yang sebaya dan lae untuk penggilan sesama cowo. Jadi orang Batak harus paham akan hal ini sebelum di bilang dalle. hehehehe....

3.Walaupun berbeda beda marga,tetap saudara juga.
salah satu silsilah marga batak via pungsing.wordpress.com

Ketika pergi kesebuah acara dan bertemu dengan orang yang belum dikenal,maka yang pertama kali ditanya adalah marga.Kadang,walaupun  bertemu dengan orang yang tidak satu marga,tetapi selalu ada saja hubungan keluarga dengan orang tersebut.Misalkan yuni boru simajuntak bertemu dengan anggita boru pakpahan,Jika ditelisik lebih dalam mereka pasti punya hubungan kekerabatan maupun hubungan kekeluargaan baik melalui oppung mereka,atau ibu bapak mereka yang masih punya ikatan keluarga

4.Orang Batak  tidak hanya harus tau ia marga apa,menyebut seseorang dengan apa.tetapi harus juga tau ia nomor berapa.

marga apa,nomor berapa? via angkolafacebook.blogspot.com

 Bukan hanya marga yang menjadi identitas bagi orang batak,tetapi ia juga harus tau nomor berapa dalam marga tersebut.Misalnya panjaitan nomor 18,artinya adalah ia keturunan ke 18 dari leluhur marga panjaitan.Nomor ini juga menentukan status seseorang dalam kehidupan orang batak.Itu sebabnya dalam adat batak,orang tua yang sudah punya cucu bisa saja menyebut atau memanggil seorang anak kecil dengan sebutan oppung ( kakek/nenek)
5.Kalau tentang percintaan,Orang batak terkenal setia


Orang batak menganut sistem monogami,dimana mereka hanya memiliki satu pasangan.Orang batak sejatinya sangat setia pada pasangannya.laki-laki batak akan mencintai pasangannya dengan segenap ketulusan dan keihklasannya.Cintanya boru batak apalagi,tuak bisa memabukkan,tapi lebih memabukkan cintanya boru batak.

5.Sering mendapat ceramahan karena tidak tau asal usul maupun nomor marga

batak dalle? tulautan mai.via blog.djarumbeasiswaplus.org
Menjadi orang batak harus tau dan harus selalu ingat marga,nomor dan asal usul marganya.Karena jika ada orang yang menanyakan dan tidak tau,maka siap-siap mendapat teguran serta ceramahan dan siap-siap disebut "Batak dalle" artinya: orang batak yang melupakan budayanya.Mendapat julukan "Batak dalle" adalah sebuah keburukan yang wajib dihindari orang batak.
6.Sudah biasa dipanggil " Tulang,oppung,Bapa tua" oleh orang yang lebih tua,bahkan jauh lebih tua,ini karena perbedaan nomor dalam marga tadi


Ketemu seseorang yang lebih tua,lalu menegur kepadamu''hai oppung,apa kabar"? hihihii..asyik aysik..

7.Dalam Batak itu sendiri,masih terdapat berbagai keragaman,mulai dari marga,budaya,bahasa,dan tata cara adat.

wilayah suku batak via kaskus.co.id
Suku batak sendiri masih terbagi kedalam beberapa suku antara lain:
Batak mandailing
Batak Angkola
Batak Toba
Batak Karo
Batak Simalungun
Batak dairi
begitupun bahasa dan tata cara adat masing masing mempunyai keistimewaan masing masing,Namun mereka semua adalah bangsa Batak.

8.Orang batak sering diidentikkan dengan agama kristen,padahal banyak juga suku batak yang memeluk agama lainnya.
suku batak memeluk berbagai macam agama via tsiqahk.blogspot.co.id/

Batak bukanlah perkumpulan keagamaan,tetapi kesatuan suku bangsa.

9.Orang batak harus mengikuti upacara adat yang beragam dan panjang.

ritual agama parmalim,agama suku batak asli via togapardede.wordpress.com

Suku Batak adalah suku yang mempunyai keanekaragaman tata cara adat maupun ritual.Mulai dari lahir,beranjak dewasa,menikah,punya anak,meninggal dan lainnya,suku batak mempunya upacara adat untuk setiap peristiwa penting dalam perjalanan hidup seseorang,Maka jangan heran jika orang batak akan sering bepergian ke tempat tinggal sanak-saudara ,atau kerabat untuk mengikuti upacara adat.
10.Orang batak juga punya budaya perjodohan yang disebut"Marboru Tulang"

pusing pala eike via angkolafacebook.blogspot.com
 Dalam kehidupan orang batak,sepupu atau''pariban'' paling sebut mengalami perjodohan.Maka waspadalah jika orang tau atau sanak saudara mulai mengenalkan pariban padamu.itu tandanya aroma perjodohan akan di mulai.waspadalah...waspadalah...


11.Muda mudi Batak tidak boleh Jatuh cinta ''sembarangan''pada sesama muda mudi batak lainnya.

lebih baik sakit gigi dari pada tarito.sinartoba.com


ada lagu batak yang menyebutkan''sinukkun ma marga,ito boru aha do dainang"
Hal yang paling menyakitkan bagi muda-mudi batak adalah saat sudah jatuh cinta pada seseorang,tetapi masih saudara dari segi marga.itu artinya mereka tidak boleh bersama.dan cinta harus sampai di sini saja.hiks.hiks...
Makanya tanga dulu marga/boru apa ito..

12.Ketika nongkrong sama teman,selalu diminta nyanyi

ribakkon lagu jait. via tobatabo.com

Banyak orang batak yang terkenal karena pandai bernyanyi,tapi bukan berarti semua orang batak bisa nyanyi,banyak juga orang batak yang suaranya seperti ''manuk na peokon''.Tapi karena Image 'orang batak pintar nyanyi' terpaksa deh angkat suara dengan terbata -bata.Amangoi amang mailakki.hape suara nibape hera tep naung margulung-gulung.alai hurambas masongoni.
13.Tetangga sebelah sering mengira 'kita' lagi berantem,padahal lagi mesra-mesraan.

orang batak suaranya keras via.avatar-nusantara.com
Dianugerahi ciri khas suara lantang dan keras membuat orang batak mudah dikenali,dengan logat dan gaya berbahasanya yang keras sering kali orang lain menyangka sibatak lagi marah-marah.Padahal bagi orang batak ,hanya berbicara seperti biasa,tapi bagi orang yang mendengar,sibatak seperti sedang marah-marah.
Itu dia beberapa pengalaman hidup yang dialami oleh orang Batak,Jika kamu batak dan merasa punya pengalaman lain,silahkan share di kolom komentar.
LANGSUNG SHARE KE MEDSOS...